Supermen of Malegaon (Faiza Ahmad Khan, 2008, India)

Saya jarang menonton film India. Jadi banyak film India yang mencengangkan terlewat begitu saja dari radar andai tidak diberitahukan oleh kawan-kawan dari forum diskusi. Saya hampir melewatkan film Ship of Theseus (2013) begitu saja padahal film ini menjadi film terfavorit saya di tahun 2013 lalu. Pun Supermen of Malegaon, saya harus tertunda selama 7 tahun untuk menyaksikan film luar biasa ini.

images-111664

Jika ada pepatah jangan menilai sebuah buku dari sampulnya, maka pepatah untuk film ini adalah jangan menilai sebuah film dari posternya. Ya, posternya norak banget. Karena nyatanya film ini bercerita tentang pembuatan film yang norak juga. Tapi ada sesuatu lain yang sangat menghujam dalam saat menyaksikan film ini. Film ini, mungkin salah satu film paling menghentak yang saya saksikan sepanjang tahun ini.

Supermen of Malegaon adalah sebuah film dokumenter tentang pembuatan film jagoan murah ala India di kota kecil Malegaon di negara bagian Maharashtra, India. Dengan jumlah penduduk yang meledak dan eksotisme yang membludak, jelas Malegaon bukan tujuan favorit dan terlewat begitu saja di India. Kota ini nyaris ‘terlupakan’ baik untuk tujuan wisata atau model pembangunan kota masa depan, sebuah kota yang bahkan tertatih-tatih untuk bisa bernafas. Jadi, ketika sineas lokal membuat film jagoan jelas filmnya jangan ‘diharapkan’ dan kalah oleh sinema Bollywood yang hiruk-pikuk.

Kualitas film jagoannya sendiri memang terlihat memprihatinkan. Saya sendiri gak percaya ternyata ada film yang spesial efeknya lebih buruk ketimbang serial silat di Indosiar itu. Saking memprihatinkannya proses pembuatan filmnya, saya sampai berniat menyumbang dana setidaknya buat nambah-nambahin konsumsi para krunya yang terlihat kekurangan banget.

Dengan efeknya yang murahan tersebut, film superheronya sendiri memang terlihat konyol dan menyedihkan. Tetapi film tentang pembuatan film tsb, dengan caranya yang luar biasa,  justru menjadi film paling meinginspirasi yang pernah saya saksikan.

Film dokumenter ini mengikuti perjuangan sosok Nasir (tokoh utama yg menjadi karakter jagoan) dalam membuat film parodi tokoh superhero di Malegaon. Banyak momen lucu yang bikin terbahak-bahak, namun tak jarang banyak momen sedih yang bikin mengharu-biru. Nasir dan kru filmnya, menyajikan sebuah potret manusia yang warna-warni dan mencengangkan.

Gairah dan semangat Nasir untuk menyelesaikan pembuatan film jagoan impiannya adalah potret kemiskinan India yang paling murni, perjuangan untuk merengkuh mimpi yang terkandaskan oleh hambatan ekonomi dan kondisi.

Faiza Ahmad Khan, sebagai sutradara film dokumenter ini menangkap setiap momen yang diekspresikan Nasir dalam gambar-gambar yang begitu jujur dan hidup. Yang menarik adalah Faiza tidak ingin memposisikan Nasir dan kru filmnya sebagai objek yang harus dikasihani (meski secara otomatis kita akan jatuh kasihan) tetapi malah justru ingin menjadikan sosok Nasir dkk sebagai objek inspirasi.

Film ini adalah sebuah suara untuk memotret kemiskinan secara jujur, memotret harapan-harapan yang mencoba beriak di tengah badai, memotret sebuah kisah kepahlawanan dalam wujudnya yang nyata di dunia yang kejam. Kisah Nasir yang disajikan bukanlah bagaimana Nasir memerankan tokoh jagoan di film yang dia buat, tetapi bagaimana Nasir menjadi jagoan agar filmnya bisa dibuat. Dan ini tak semata-mata perjuangan Nasir untuk membuat sebuah film, tetapi juga perjuangan Nasir (dan kita semua) untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi.

Film ini akan masuk dalam tipe film-yang-muncul-sekali-dalam-beberapa-dekade, jadi cobalah segera menonton film ini. Film yang akan membuat kegiatan tertawa lucu dan berlinang air mata haru dilakukan secara bersamaan.

PS: Ah, harus saya tambahkan, Nasir meninggal karena kanker segera begitu film yang dia perjuangkan selesai….

Rating: 5/5

Advertisements

3 thoughts on “Supermen of Malegaon (Faiza Ahmad Khan, 2008, India)

  1. Pingback: Terbaik dan Terburuk di 2015 | melquiades caravan

  2. Hi my name is Teresa and I just wanted to send you a quick note here instead of calling you. I discovered your Supermen of Malegaon (Faiza Ahmad Khan, 2008, India) | melquiades caravan page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a successful website is making sure the visitors you are getting are interested in your website topic. There is a company that you can get keyword targeted visitors from and they let you try their service for free for 7 days. I managed to get over 300 targeted visitors to day to my site. http://pandalove.info/35p0i

    Like

  3. Pingback: Kumpulan Tulisan | melquiades caravan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s